Cara Membuat Bunga Mawar Dari Kantong Plastik Bekas

Share On Facebook Share On Twitter Share On Google+


Dalam kehidupan kita sering sekali menjumpai kantong plastik yang tidak terpakai, semakin banyaknya sampah kantong plastik membuatnya semakin menumpuk hingga dapat menimbulkan banjir, tetapi di tangan orang - orang kreaktifitas sampah bisa di sulap menjadi ladang uang yang menguntungkan. Salah satunya membuat bunga mawar yang cantik, Jika ada yang berminat mengolah sampah menjadi barang jual beli silahkan simak cara di bawah ini :

Alat Dan Bahan Yang Harus Disiapkan
1. Kantung plastik berwarna merah dan hijau
2. Kawat bekas atau lidi untuk batang
3. Tali plastik atau benang


4. Gunting



Cara Membuatnya
1. Bentangkan kantung plastik merah dengan rapi kemudian lipat beberapa kali agar mudah untuk dipotong.
2. Potong kantung plastik secara horizontal dengan tinggi 16 - 20 cm tergantung ukuran bunga yang anda inginkan.
3. Gunting bagian salah satu ujungnya sehingga didapat bahan persegi panjang dengan panjang sesuai ukuran plastik yang digunakan dan lebar sesuai dengan tinggi yang kita pakai.
4. Lipat plastik dari atas ke bawah seperti gambar yang ada di bawah ini 


5. Pada bagian atas lipatan, gunakan kedua tangan anda (jempol dan telunjuk) untuk memutar plastik secara berlawanan arah sehingga dihasilkan likukan seperti gambar di atas. Lekukan itu berfungsi untuk membentuk efek kelopak bunga. Saat membuat lekukan, usahakan plastik tidak koyak atau sobek.
6. Gulung plastik dari salah satu ujungnya dengan lingkaran yang bertahap. Buat gulungan kecil untuk bagian dalam dam semakin besar untuk bagian luarnya.
7. Ikat bagian bawah gulungan dengan tali
atau benang (bagian atas adalah bagian lipatan yang ada lekukannya) sehingga diperoleh bentuk bunga.
8. Rapikan bentuk kelopak bunganya sedemikian rupa sehingga dihasilkan bentuk yang anda inginkan. Kurang lebih hasilnya akan seperti gambar di bawah ini. Buatlah beberapa bunga sesuai keinginan anda dengan langkah yang sama.


9. Gunting kantung plastik hijau dengan ukuran setengah ukuran plastik merah untuk membuat daun.
10. Bentangkan plastik yang sudah digunting sehingga dihasilkan bahan berbentuk panjang dengan panjang 15 cm dan lebar kurang lebih 8 cm.
11. Lipat plastik (atur agar bagian kiri dan kanan plastik berupa lipatan) kemudian putar bagian tengahnya dua kali dan lipat secara simetris sehingga dihasilkan bentuk daun.
12. Pasangkan kawat atau lidi ke bagian bawah bunga (selipkan di dalam lipatannya) kemudian ikat dengan benang atau tali.
13. Pasang daun yang sudah dibuat sebelumnya ke batang dengan jumlah dan letak sesuai keinginan anda.
14. Gunting kantung plastik hijau dengan lebar 2 cm untuk melapisi kawat atau lidi yang digunakan sebagai batang.
15. Bungkus kawat atau lidi dengan plastik dimulai dari bagian bawah bunga hingga ke ujung batang. Putar plastik secara teratur agar tidak terjadi gumpalan sehingga dihasilkan setangkai bunga mawar yang menarik seperti gambar di bawah ini.


16. Buat beberapa tangkai bunga sesuai keinginan anda kemudian jadikan satu dan tempatkan di sebuah vas bunga dan jadikan penghias ruangan tamu atau di tempat yang anda inginkan.


Itulah salah satu cara memamfaatkan sampah plastik dan semoga artikel ini dapat membantu mengurangi penumpukan sampah di sekitar lingkungan anda.






Jangan Lupa Juga Berkunjung Disini>>>
Share Artikel Ke :
Facebook Twitter Google+

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda.